APLIKASI ELEKTRONIK SIPAGI – SISTEM INFORMASI PELAYANAN METROLOGI UPT. KEMETROLOGIAN KOTA PASURUAN MERAIH TOP 10 DALAM ASN BRILIAN TAHUN 2024

Kepala UPT. Kemetrologian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan Bapak Sony Agus Priyanto, S.Sos MAB, berhasil meraih penghargaan dalam Top 10 ASN Inspiratif dalam  Penghargaan ASN Brilian 2024. Aplikasi Elektronik SIPAGI (Sistem Informasi Pelayanan Metrologi)  ini merupakan sistem pendafataran pelayanan tera dan tera ulang alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) bagi pedagang/pemilik timbangan di Kota Pasuruan baik di wilayah pasar, pertokoan ataupun ditingkat perusahaan. Selain itu, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan Bapak Hery Dwi Sujatmiko, S.Sos, MM juga berhasil masuk dalam Top 10 kategori  PPT Pratama Teladan.

Tujuan dari aplikasi elektronik SIPAGI ini yaitu mempermudah pendaftaran tera dan tera ulang alat UTTP, pendataan alat UTTP, identitas perusahaan, kode tipe dan nomor alat UTTP  dan penjadwalan waktu tera dan tera ulang baik di kantor metrologi maupun di lokasi perusahaan.

Penghargaan ini diberikan pada tanggal 13 Juni 2024 bertempat di Hall Valencia Café dan Resto Jl. Hayam Wuruk Kota Pasuruan. Kategori yang dianugerahkan yaitu PPT Pratama Teladan, ASN Inspiratif dan Tim ASN Berakhlak. Dari ketiga kategori diatas, dipilih masing-masing 10 peserta yang masuk dalam 10 (sepuluh) terbaik dan nantinya diperoleh juara 1,2 dan 3 disetiap kategorinya.

Tujuan dari penyelenggaraan Anugerah ASN BRILIAN Tahun 2024 adalah: 1. Apresiasi kepada sosok ASN yang kontribusinya dirasakan secara nyata baik oleh organisasi maupun masyarakat 2. motivasi dan inspirasi di jajaran ASN untuk terus meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja, serta menjadi teladan bagi ASN lainnya 3. Membangun persepsi positif masyarakat terhadap keberadaan ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat NKRI dan pemersatu bangsa 4. Mendapatkan basis data talenta ASN terbaik yang kapabel dan akseptabel. 5. Mempertahankan ASN bertalenta terbaik.

Sedangkan manfaat dari  penyelenggaraan Anugerah ASN BRILIAN Tahun 2024 adalah: Finalis Anugerah ASN BRILIAN 2024 akan menjadi inspirasi dan role model bagi ASN lainnya sehingga menjadikan Birokrasi di Pemerintah Kota Pasuruan semakin lebih baik

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Anugerah ASN BRILIAN Tahun 2024 adalah untuk mendapatkan sosok ASN sebagai duta yang dapat menyebarluaskan pengaruh positifnya serta praktik baik yang telah dilakukan, sehingga memnberi dampak yang baik kepada seluruh ASN maupun masyarakat Kota Pasuruan.

Pencapaian ini tidak lepas dari dari kerja keras tim pengelola aplikasi elektronik SIPAGI dalam memberikan pelayanan secara digitalisasi dan memepermudah pendataan alat UTTP di Kota Pasuruan khususnya dibidang perdagangan. Kepala UPT. Kemetrologian, Sony Agus Priyanto, S.Sos, MAB juga mengatakan bahwa penghargaan yang diterima ini akan menjadi motivasi untuk terus mengembangkan aplikasi elektronik SIPAGI ini agar lebih mampu memberikan fitur-fitur pelayanan terkait tera dan tera ulang. Selain itu, aplikasi elektronik ini sebagai alat pengawasan berapa jumlah alat UTTP yang telah ditera dan ditera ulang di wilayah Kota Pasuruan.  

“Terima kasih kepada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan yang telah memberikan penghargaan terhadap kinerja kami. Ini menjadi motivasi kami agar meningkatkan pelayanan tera dan tera ulang Alat UTTP, penyuluhan dan pengawasan melalui program digitalisasi elektronik” tuturnya.

About metrologi

Check Also

Kota Pasuruan Mendapat Anugerah Pasar Tertib Ukur

Bertepatan dengan hari pahlawan, 10 November 2023, Kota pasuruan mendapat anugerah Pasar Tertib Ukur dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *