Pelaksanaan Sidang Tera Ulang UTTP oleh UPT Kemetrologian Kota Pasuruan di Pasar Kebonagung

Pasuruan, 12 September 2024 – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemetrologian Kota Pasuruan menyelenggarakan sidang tera ulang alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP) di Pasar Kebonagung. Kegiatan ini dilaksanakan pada dua hari, yaitu Senin 9 September 2024 dan Kamis 12 September 2024, sebagai bagian dari upaya memastikan keakuratan alat-alat perdagangan di pasar rakyat tersebut.

Sidang tera ulang ini bertujuan untuk memeriksa dan menguji ulang alat-alat ukur yang digunakan pedagang, seperti timbangan dan alat takar, guna menjamin keadilan dalam transaksi jual beli. Kepala UPT Kemetrologian Kota Pasuruan menyatakan bahwa pelaksanaan tera ulang merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap keakuratan alat ukur yang digunakan pedagang.

“Dengan adanya sidang tera ulang ini, kami berharap para pedagang dapat terus menjaga kejujuran dan keakuratan dalam penggunaan alat UTTP mereka. Hal ini penting untuk melindungi hak konsumen sekaligus memastikan persaingan yang adil di antara pedagang, untuk pedagang di pasar rakyat dan kelurahan lainnya bisa membawa alat UTTP pada jadwal yang telah kami informasikan pada pihak UPT. Pasar dan Kelurahan” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut, tim dari UPT Kemetrologian juga memberikan edukasi kepada para pedagang mengenai pentingnya melakukan tera ulang secara berkala. Beberapa pedagang mengaku merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, karena mereka dapat memastikan alat timbang mereka tetap berfungsi dengan baik dan sesuai standar.

Pelaksanaan sidang tera ulang ini berjalan dengan lancar, dan diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan alat ukur yang telah di tera ulang atau terverifikasi. UPT Kemetrologian Kota Pasuruan berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan semacam ini di pasar rakyat, kelurahan dan di berbagai lokasi lain guna memastikan keakuratan alat ukur atau timbangan di seluruh wilayah kota Pasuruan.

About metrologi

Check Also

VERIFIKASI STANDAR UKURAN METROLOGI LEGAL (SUML) DI BALAI STANDARDISASI METROLOGI LEGAL REGIONAL II YOGYAKARTA

Kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan sudah akurat. Hasil pengukuran yang tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *